Sunday, November 10, 2013

Peran PT POS Indonesia sebagai BUMN Transportasi, Pergudangan, dalam Menunjang Perekonomian Indonesia


BAB  I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. BUMN merupakan salah satu pelaku kegiatan bisnis dalam sistem perekonomian Indonasia, karena itu BUMN mempunyai peranan penting dalam penyelenggaraan perekonomian guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
BUMN dapat berbentuk Perusahaan Perseroan (persero), dan Perusahaan Umum (Perum), semua bentuk tersebut dapat disesuaikan dengan karekteristik  dan apa yang akan dikerjakan oleh BUMN tersebut.
BUMN didirikan merupakan implementasi dari pasal 33 UUD RI yaitu cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara, dan maksud awal dari pendirian BUMN di Indonesia adalah melindungi keselamatan dan kesejahteraan masyarakat, agen pembangunan, dan nasionalisasi perusahaan asing. BUMN juga memiliki arti penting dalam perekonomian Bangsa Indonesia, arti penting tersebut adalah sebagai berikut:
1.   Perintis dalam penyediaan barang/jasa dibidang-bidang produksi yang belum cukup atau kurang merangsang prakarsa dan minat swasta;
2.   Pengelola dan pengusaha di bidang-bidang produksi yang penting bagi negara;
3.   Pengelola dan pengusaha di bidang-bidang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak;
4.   Imbangan bagi kekuatan pasar pengusaha swasta;
5.   Pelengkap penyediaan barang-barang dan jasa yang belum cukup disediakan oleh swasta dan koperasi;
6.   Penunjang pelaksanaan kebijaksanaan negara;
PT. Pos Indonesia merupakan salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang Industri Pos (Courier Service) yakni Bergerak dalam bidang jasa seperti Pos & Giro, Bisnis Komunikasi, Bisnis Logistik, Bisnis Keuangan dan Filateli, Jasa Keagenan/Pihak III serta jasa lainya sesuai dengan Peraturan perundang-undangan. Dalam daftar yang dikeluarkan oleh Kementerian BUMN PT. Pos Indonesia termasuk kedalam kategori bisnis Transportasi dan Pergudangan.
Apabila memperhatikan peran-peran BUMN diatas, sedikit ditemukan peran PT. POS Indonesia sebagai perintis penyediaan barang/jasa yang belum diminati swasta, pengelola bidang produksi yang penting bagi negara, atau lainnya. Mendekati peran tersebut adalah sebagai penunjang pelaksanaan kebijaksanaan negara. Namun hal tersebut sangat mungkin dialihkan kepada swasta untuk mengelolanya.
Terlepas dari hal tersebut PT. Pos memiliki sumbangsih terhadap penerimaan negara, antara lain dengan mulai diperoleh keuntungan oleh perusahaan tersebut. Selain itu PT. Pos memiliki strategi yang baik untuk perkembangan usahanya. Berikut adalah strategi yang dilakukan PT. Pos indonesia guna mendapatkan keuntungan lebih:
1.    Menggandeng Pondok Pesantren untuk memperluas jaringan (29 Mei 2013)
Bekerjasama dengan Pesantren di bawah afiliasi Nahdatul Ulama (NU). Kerjasama tersebut dilakukan melibatkan 24 ribu pesantren dan 800 ribu mesjid, sehingga menambah jaringan kantor pos yang sudah ada.
2.    Merambah Layanan Cargo via Udara (16 Juni 2013)
Kerjasama tersebut dilakukan dengan PT Merpati Nusantara Airlines. Layanan tersebut diimplementasikan khususnya pada daerah indonesia timur.
3.    Kerjasama Layanan Mandiri Mitra Usaha (MMU) dengan Bank Mandiri tentang penggarapan pasar bersama dengan konsep pelayanan satu atap dan satu Banking Hall (integrated office) dan masing-masing pihak menyediakan jasa/produk yang saling melengkapi dan dibutuhkan oleh masyarakat. Sepanjang 2012 telah terjalin sebanyak 39 unit MMU.
4.    Menggandeng PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PT. Pelni) dalam penjualan tiket kapal Pelni (Januari 2012)
Penjualan tiket kapal Pelni dengan sistem online payment memudahkan sistem pembayaran dan pengecekan transaksi yang dilakukan. Dengan kerjasama ini, penumpang kapal Pelni cukup menggunakan resi tiket sebagai bukti transaksi sekaligus pengganti tiket kapal Pelni. Pembelian di PT Pos bisa dipesan mulai H+90 sampai dengan H+2 sebelum keberangkatan.
5.    Melakukan diversifikasi produk antara lain melalui perambahan bisnis properti
Antara lain membangun hotel di dua wilayah di daerah Bandung, dan 32 titik di wilayah lain di indonesia

B.   POKOK PERMASALAHAN

Berdasarkan latar belakang diatas maka pokok permasalahan yang akan diambil dalam paper ini adalah “Peran PT POS Indonesia sebagai BUMN Transportasi, Pergudangan, Keuangan dalam Menunjang Perekonomian Indonesia”.




BAB II
ANALISA


A.   PROFIL PT POS INDONESIA

PT. Pos Indonesia (Persero) merupakan BUMN yang bergerak dalam bidang jasa seperti Pos & Giro, Bisnis Komunikasi, Bisnis Logistik, Bisnis Keuangan dan Filateli, Jasa Keagenan/Pihak III serta jasa lainya sesuai dengan Peraturan perundang-undangan. Pendirian PT Pos Indonesia didasari Akta Notaris Sutjipto, SH Tanggal 20 Juni 1995 No.117 yang telah dilakukan perubahan pada Anggaran Dasarnya dengan Akta Notaris Sutjipto, SH tanggal 21 September 1998 No.89 yang mengukuhkan ijin pendirian perusahaan dengan Surat Keputusan Menteri Kehakiman RI Nomor: M-13.HT.03.05.TH. 1988 Tanggal 11 April 1988, yang esensinya menegaskan misi PT Pos Indonesia sebagai : "Turut serta melaksanakan dan menunjang program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya bidang pelayanan pos dan jasa giro di Dalam Negeri maupun di Luar Negeri dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.
Visi PT. Pos Indonesia (Persero) adalah Menjadi perusahaan jejaring terbaik di indonesia tahun 2016 dengan menyediakan layanan: surat, paket, logistik, ritel, dan properti yang andal serta jasa keuangan yang terpercaya.
Misi PT. Pos Indonesia (Persero) adalah Berkomitmen kepada pelanggan untuk menyediakan layanan yang efisien dan tepat waktu, berkomitmen kepada karyawan untuk memberikan iklim kerja yang aman, nyaman dan menghargai kontribusi, berkomitmen kepada pemegang saham untuk memberikan pengembalian yang menguntungkan dan terus bertumbuh, berkomitmen untuk berkontribusi positif kepada masyarakat, berkomitmen untuk berperilaku transparan dan terpercaya kepada seluruh pemangku kepentingan.
Motto PT. Pos Indonesia (Persero) Tepat Waktu Setiap Waktu (On Time Every Time).
Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut Pos Indonesia menyelenggarakan kegiatan usaha utama antara lain:
1.    Layanan Komunikasi tertulis dan/atau surat elektronik
2.    Layanan Paket
3.    Layanan Logistik
4.    Layanan transaksi Keuangan
5.    Layanan Keagenan Pos
6.    Layanan Giropos
7.    Layanan lain yang menunjang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Tujuan yang ingin di capai oleh PT. Pos Indonesia (Persero) adalah memenuhi kepuasan pelanggan, komitmen terhadap pelayanan umum serta berupaya memberikan hasil terbaik bagi shareholder. Strategi yang diterpkan untuk mencapai tujuan tersebut dengan menyediakan jasa layanan pos yg berkualitas prima dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan pesaing.

B.   PERAN PT.  POS INDONESIA

Kinerja PT. Pos dalam 10 tahun terkahir memiliki kecenderungan meningkat. Terlihat dalam gambar berikut rata-rata terlihat peningkatan Laba. Terutama dalam rentang 2009 sampai dengan sekarang. Perubahan kepemimpinan dan manajemen menyebabkan laba meningkat.

Peran PT. Pos Indonesia dalam perekonomian nasional antara lain:
1.    Sebagai garda terdepan dalam Sistem jaringan Distribusi Nasional
Misal Logistik Pemilu, Distribusi Gas 3 Kg, Program Keluarga Harapan, Distribusi BLT/BLSM
2.    Melayani 1,4 Juta Pensiunan setiap bulan
3.    Sebagai penghubung untuk daerah terpencil dan pulau terluar
4.    Pos Indonesia merupakan bagian dari Jejaring Pos Dunia dalam “Universal Postal Union”
Berdasar data mengenai pertumbuhan laba PT. Pos Indonesia, dan diversifikasi usaha yang beragam terlihat PT. Pos indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Selain itu usaha yang tersebar pada beberapa lini usaha menyebabkan Pos Indonesia memiliki kiprah yang banyak dalamperekonomian nasional. Yang perlu diperhatikan adalah sejauh mana Pos Indonesia menjaga fokus terhadap banyak usaha yang diterjuni, juga perbaikan terus menerus manajemen yang mengelola operasional Pos Indonesia.



BAB III
PENUTUP


KESIMPULAN dan SARAN
PT. Pos Indoensia sebagai BUMN yang bergerak dibidang Industri Pos (Courier Service) berdiri sebelum republik ini merdeka berperan sebagai salah satu pemersatu kehidupan berbangsa, selain itu peran dalam layanan pos dan logistik serta layanan-layanan baru yang merupakan diversifikasi usaha PT. Pos meningkatkan laba bagi negara melalui penyertaan modal pemerintah. Program pemberdayaan masyarakat, diantaranya melalui program kerjasama dengan pesantren serta program-program lain yang merupakan sinergi antara sesama BUMN maupun non BUMN menciptakan nilai tambah bagi PT. POS pada akhirnya meningkatkan kegiatan perekonomian Indonesia.
Kepemimpinan dan manajemen yang baik dalam kurun waktu 3 tahun terkahir berhasil mendongkrak PT. Pos Indonesia dari BUMN dalam kategori “sakit” menjadi “normal”. Sewajarnya hal tersebut ditingkatkan dengan menggunakan pola yang sama tidak hanya pada kantor Pusat melainkan pada kantor-kantor cabang yang ada dibawahnya. Sehingga tercipta sutu lingkungan kondusif unutk mendorong lebih jauh lagi PT. Pos Indoensia berkembang.




DAFTAR PUSTAKA


Annual Report, PT. Pos Indonesia tahun 2012
Rochim, Abdul. Handout Kuliah: Manajemen BUMN-BUMD. STIA LAN 2002
Tempo Online, Perluas jaringan, PT Pos Gandeng Pesantren, online diakses Rabu, 25 September 2013 http://www.tempo.co/read/news/2013/05/29/092484267/Perluas-Jaringan-PT-Pos-Gandeng-Pesantren
Tempo Online, PT Pos Uji Coba Layanan Cargo Via Udara, online diakses Rabu, 25 September 2013 http://www.tempo.co/read/news/2013/05/29/090484257/PT-Pos-Uji-Coba-Layanan-Cargo-Via-Udara
Tempo Online, Tahun ini PT Pos Bikin Bank Sendiri, online diakses Rabu, 25 September 2013 http://www.tempo.co/read/news/2013/01/28/092457381/Tahun-ini-PT-Pos-Bikin-Bank-Sendiri
Detik Finance, Tiket Kapal Pelni Bisa Dibeli di Kantor Pos, online diakses Rabu, 25 September 2013 http://finance.detik.com/read/2012/11/02/094858/2079445/4/tiket-kapal-pelni-bisa-dibeli-di-kantor-pos
Pos Indonesia, Dirut Pos Indonesia, I Ketut Mardjana Mendapatkan Anugrah CEO Inovatif Untuk Negeri, online diakses Rabu, 25 September 2013 http://www.posindonesia.co.id/index.php/berita/60-dirut-pos-indonesia-i-ketut-mardjana-mendapatkan-anugrah-ceo-inovatif-untuk-negeri
Kementerian BUMN Online, online diakses 2 Oktober 2013, http://www.bumn.go.id/


No comments:

Post a Comment