Tuesday, September 25, 2018

Sharing Session Configuration Management Database

Minggu lalu, tepatnya 20 September 208 diadakan sharing session dengan tema configuration management database menampilkan pembicara Dede Mulyana sebagai praktisi IT yang telah lama berkecimpung dalam dunia Manajemen TIK.



Dede Mulyana
Suasana Workshop
Minus Pak Boz dan Ibu Manager CMDB
Beberapa poin penting yang disampaikan pembicara dalam kegiatan sharing session kali ini adalah:
  • Langkah-langkah Penyusunan CMDB
 Terdapat 5 langkah praktis dalam penyusunan CMDB, yaitu sebagai berikut:
 
1.  Penentuan Layanan
Tahapan ini melakukan Identifikasi layanan dan membuat katalog daftar layanan yang dijual institusi pada pelanggan. katalog layanan berisi rincian layanan, syarat mendapatkan layanan, dukungna layanan sampai biaya layanan apabila dikenakan charge.
2.  Penentuan Service Model Blue Print
Berdasarkan layanan yang telah ditentukan, institusi perlu menetapkan kategori Service Model sesuai dengan layanan yang dimiliki oleh organisasi. Service Model Blue Print atau bisa disebut sebagai CMDB blueprint merupakan pedoman dalam penyusunan CMDB, diantaranya berisi ruang lingkup CMDB, kedalaman, siklus.
3.  Identifikasi CI dan Atribut CI
Tahapan selanjutnya adalah melakukan Identifikasi CI dan Atribut yang melekat pada CI tersebut.
CI merupakan satuan perangkat/entitas TIK yang akan dijadikan sebagai komponen CMDB. Sedangkan Atribut CI merupakan spesifikasi untuk CI tersebut ("properties"-nya laah)
4.  Identifikasi Tipe Relasi CI
Setelah menentukan CI beserta kedalaman dan atributnya yang perlu dilakukan lebih lanjut adalah melakukan Identifikasi relasi antar CI yang satu dengan yang lain. Relasi atau keterhubungan menunjukan posisi Ci satu dengan CI lainnya.
salah satu perbedaan mendasar antara aset management dengan CMDB adalah adanya relasi. Tanpa relasi antar CI maka CMDB hanya menjadi daftar aset.
5.  Penyusunan Service Model
Menggambarkan Hierarchy Service Model sehingga diperoleh gambaran utuh CMDB. Service model adalah penggambaran setiap layanan pada katalog layanan dari kacamata CMDB yakni komponen-komponen CI yang mendukung layanan tersebut.
  • Kendala gagalnya CMDB
Selanjutnya dalam pengelolaan CMDB terdapat hal-hal yang mengganggu pelaksanaan CMDB beberapa diantaranya dapat dilihat pad poin-poin sebagai berikut:
 
1.  Tidak ada peran koordinator dalam mengelola CMDB
2.  Pengelolaan CMDB tidak melibatkan pihak lain
3.  Tidak adanya integrasi proses-proses ITSM dengan CMDB
4.  Dukungan Tools yang kurang memadai
5.  Kurangnya komitmen dari management dan Tim

Dari langkah-langkah yang telah diuraikan sampai dengan kemungkinan kendala yang akan dihadapi dalam pengelolaan CMDB, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah Mulailah Saat Ini Sesegera Mungkin.


No comments:

Post a Comment