Wednesday, May 22, 2019

Membedah Visi Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan (Pusintek)


Mengenai visi dan misi Pusintek mengacu pada Keputusan Kepala Pusintek Nomor KEP-4/IT/2016 tentang Rencana Strategis Pusintek tahun 2015-2019 sebagai dokumen yang memuat visi dan misi Pusintek.

Visi Pusintek :
Menjadi Penggerak Utama Tranformasi TIK Yang Berkelanjutan Menuju Terwujudnya Visi Kemenkeu

Terdapat 3 Kata Kunci di visi Pusintek, yaitu:
1.  Menjadi Penggerak Utama
2.  Transformasi TIK yang Berkelanjutan
3.  Terwujudnya Visi Kementerian Keuangan


Mendefinisikan Arti Visi
1.  Menjadi Penggerak Utama : berarti Pusintek dalam perannya sebagai pengelola Teknologi Informasi dan Komunkasi (TIK) Kementerian Keuangan, berperan sebagai prime mover atau lokomotif untuk mendorong pengembangan TIK Kementerian Keuangan kedepan yang mendukung proses bisnis Kementerian. Pusintek merupakan inisiator dalam pelaksanaan pekerjaan berbasis TIK, sebagai pusat komando pelaksanaan TIK Kemenkeu.
2.  Transformasi TIK yang Berkelanjutan : artinya adalah proses Transformasi TIK di Kementerian Keuangan secara bertahap untuk mencapai bentuk yang terbaik, perubahan TIK dimaksud adalah cara dalam mengelola TIK dari ”tradisional” menjadi ”modern, efisien dan efektif serta secure dan terintegrasi (Integrated Financial Management Information System, IFMIS) dalam mendukung proses bisnis Kementerian Keuangan yang berkesinambungan sebagai suatu siklus mulai dari perencanaan, arsitektur, perancangan, pengembangan, hingga operasional Teknologi Informasi dan Komunikasi yang didukung oleh seluruh unit pengelola TIK di Kementerian Keuangan.
3.  Terwujudnya Visi Kementerian Keuangan : Menjadikan kementerian Keuangan sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif di abad ke-21. Yaitu peran Kemenkeu sebagai prime mover dalam mendorong pembangunan nasional di masa depan. Melalui manajemen pendapatan dan belanja negara yang proaktif, Kementerian Keuangan menggerakkan dan mengarahkan perekonomian negara dengan pertumbuhan dan pembangunan menghasilkan dampak yang merata di seluruh Indonesia.

Kesimpulan Visi
Bagaimana Pusintek berperan sebagai leader dalam pengelolaan TIK di Kementerian Keuangan yang terintegrasi berkoordinasi dengan pengelola TIK di masing-masing unit eselon I maupun di luar Kementerian Keuangan dengan memperhatikan siklus hidup TIK yang berkesinambungan untuk mewujudkan visi Kementerian Keuangan sebagai prime mover dalam mendorong pembangunan nasional di masa depan.

No comments:

Post a Comment